264 Peserta Ikuti Seleksi Si Kasep

264 Peserta Ikuti Seleksi Si Kasep

264 Peserta Ikuti Seleksi Si Kasep

Sebanyak 264 orang peserta Seleksi Calon Kepala Sekolah Profesional

(Si Kasep) dinyatakan lolos dan berhak untuk mengikuti tahap selanjutnya. Para peserta pun mengikuti tahapan kedua seleksi di SMPN 2 Bandung, Sabtu (24/11).

”Si Kasep memiliki prinsip Pasti Juara. Sebab, proses dari Si Kasep ini profesional, akuntabel, sinergi, transparan, inovatif dan juara,” papar Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Cucu Saputra usai memberikan pengarahan kepada peserta tes.

Tahap kedua, kata dia, merupakan bagian dari 4 tahapan kegiatan untuk menjaring guru-guru potensial menjadi kepala sekolah.

Dia mengatakan, sebanyak 264 telah lolos tahap kedua. Dan pada Sabtu

(24/11) sesuai berita acara kegiatan seleksi sikasep tahap 2 diikuti 261 orang peserta. Tercatat, tiga orang tidak hadir terdiri dari 2 peserta dari jenjang SMP 1 orang dari jenjang SD.

Secara teknis, seleksi dibagi menjadi 13 ruangan dengan kelengkapan sarana sebanyak 264 laptop yang telah disiapkan oleh panitia pelaksana.

Di balik hal itu, Cucu mengungkapkan, Si Kasep merupakan bagian dari inovasi pendiikan. Aplikasi ini digunakan untuk mengirim pendaftaran dan proses seleksi sebelum para calon mengikuti diklat calon Kepala Sekolah. Seleksi tahap 2 menggunakan metoda CAT (Computer Assisted Test ) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi calon kepala sekolah.

”Semoga sistem ini mampu menghasilkan calon kepala sekolah yang profesional

dan berkarakter. Agar mampu mewujudkan pendidikan Kota Bandung yang bermutu, berkeadilan dan berwawasan lingkungan, bakal calon kepala sekolah harus memenuhi persyaratan sesuai dengan Permendikbud nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai kepala sekolah,” pungkasnya. (rie)

 

Baca Juga :