Asal Muasal Bahasa

Table of Contents

Asal Muasal Bahasa

BAHASA merupakan hal yang paling baik dalam menunjukkan identitas kultural suatu bangsa. Ada banyak sumber yang mengatakan bahasa muncul dari beberapa teori. Disini saya hanya mengambil  2 Teori dari berbagai macam sumber  yang dapat di ambil dalam mencari asal usul bahasa, yaitu kreasionis dan evolusi.

Yang pertama, “Menurut kreasionis

atau kadangkala disebut sebagai ciptaanisme dalam agama-agama Abrahamik, manusia diciptakan di dunia dalam wujud sempurna seperti Nabi Adam lengkap dengan perangkat bahasa yang di berikan tuhan kepadanya. Namun teori ini juga tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Pada kenyataanya kita selalu menemukan sekelompok manusia saat ini yang memiliki bahasa bersamanya. Bahkan dalam beberapa hal, bahasa modern jauh lebih simpel dari pada bahasa primitif. Contohnya, bahasa bantu di afrika memiliki 14 tenses sedangkan bahasa inggris hanya memiliki 7 tenses. Namun di sisi lain, kita mendapatkan bahwa bahasa lisan sepenuhnya tidak dimiliki oleh manusia purba dari zaman batu.

kedua, pada  “Teori evolusi

mengatakan bahwa manusia mendapatkan kemampuan bahasa lewat evolusi yang tentunya di dahului oleh evolusi perangkat kerasnya, terutama daerah bahasa di cerebral korteks. Kita tahu Manusia modern, Homo sapiens, diperkirakan hidup lebih dari 150.000 tahun lalu.

Jadi paling tidak, perangkat keras bahasa telah ada sejak saat itu.

Bagaimana awal mulanya tercipta.

Ada banyak hipotesis yang bisa ditemukan.

Berikut macam-macam fasenya :

  1. Hipotesis ding-dong

Bahasa dimulai saat manusia mulai menamai benda, tindakan dan fenomena sesuai dengan suara yang muncul dalam kehidupan nyata.

Contohnya ‘garuk’ berasal dari bunyi ‘gruk-gruk’, ‘ketuk’ dari ‘tuk-tuk’.

  1. Hipotesis pooh-pooh

Bahasa dimulai dari suara tunggal yang muncul dari manusia saat marah, kesal, senang, suka, dan emosi lainnya. Perkembangan selanjutnya adalah perluasan jenis2 kata berdasarkan emosi tersebut. Sayangnya banyak kelemahan dari hipotesis ini, terutama karena kita melihat beberapa kata dalam bahasa yang lain tidak mirip satu sama lain padahal emosinya sama. Contoh: ouch dan aduh.

  1. Hipotesis bow-wow

mengatakan bahwa kosa kata datang dari peniruan suara hewan, seperti: Mooo, guk guk, ssssh, meong, mbeek.

  1. Hipotesis ta-ta

Mengatakan bahwa bahasa dimulai dari gerakan tubuh yang kemudian di sederhanakan menjadi gerakan lidah.

Hipotesis mengenai asal fungsi :

  1. Hipotesis Peringatan

Kata2 pertama digunakan sebagai petunjuk dalam kegiatan dan situasi sehari2.

  1. Hipotesis yo-he-ho

Kata2 pertama digunakan sebagai usaha untuk membangun kerja sama dalam komunitas.

  1. Hipotesis berbohong

Kata2 pertama digunakan untuk berbohong. Karena kejujuran dapat dilihat dari bahasa tubuh, maka kita mesti menggunakan perangkat lain yang kurang peka dari pengenalan kebohongan, yaitu ucapan lisan.

Mungkin sedikit ringkas, tapi setidaknya dapat memberikan suatu pemahaman tentang asal muasal bahasa di dunia. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.