Belajar Bertahan Hidup di Alam Bebas

Belajar Bertahan Hidup di Alam Bebas

Belajar Bertahan Hidup di Alam Bebas

Sebanyak 90 siswa SMP Plus Nashrul Haq mengik­uti kegiatan Mukhoyyam 2 yang dilaksanakan di Jabal Thoriq Cirando Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya Se­lasa hingga Kamis (20-22/11).

Kepala SMP Plus Nashrul Haq Usep Muhajir mengata­kan kegiatan mukhoyyam ini merupakan pembinaan la­pangan yang memadukan pembinaan fisik dan mental dengan pendekatan belajar di luar kelas berbasis alam.

”Kegiatan ini menjadi program rutin di SMP Plus Nashrul Haq khususnya untuk kelas VII.

Kegiatan ini mengambil tema Membangun dan Menumbu­hkan Jiwa Disiplin Santri Ber­karakter,” ujarnya kepada Radar.

Sebanyak 90 siswa yang mengikuti kegiatan tersebut, dalam pelaksanaannya di­bagi ke dalam tiga belas kelom­pok yang harus saling beker­jasama dalam menjalankan kegiatan tersebut. Seluruh peserta harus mampu sur­vive di alam bebas. Tinggal di tenda sederhana. Mencu­kupi kebutuhan makanan dan pakaian secara mandiri, serta sokong-menyokong an­tar anggota regu agar kegia­tan dapat berjalan lancar.

”Dari kegiatan ini, para pe­serta dapat mengenal lebih dekat dengan anggota regunya. Di antara mereka sering ter­lihat berbagi makanan, saling melindungi, dan mengingat­kan agar tetap produktif men­jalankan kewajiban baik se­bagai individu atau bagian dari kelompok,” ungkapnya.

Lanjutnya, masing-masing siswa tersebut memiliki po­tensi, kemampuan dan ke­terampilan yang berbeda

. ”Mukhoyyam ini digelar un­tuk memfasilitasi agar po­tensi, kemampuan dan ke­terampilan siswa terlihat dan melejit,” ujarnya.

Inti dari kegiatan yang diik­uti seluruh siswa kelas VII dan siswa yang belum ikut kegia­tan mukhoyyam

pada tahun yang lalu ini yakni belajar dan berkumpul untuk berinter­aksi, saling mengenal, saling memahami, bekerja sama dan saling menolong.

Para peserta juga mendapat­kan tausiyyah, melatih disiplin, melatih berbagai keterampilan maupun keahlian yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kondisi-kondisi tertentu.

”Dengan diselenggarakannya mukhoyyam ini diharapkan siswa dapat belajar lebih giat, peka terhadap lingkungan, berdisiplin dan dapat hidup mandiri,” jelasnya.

 

Sumber :

http://www.katespadehandbags.me.uk/mindset-is-everything-the-power-of-positive-thinking/