Canalys: Cina Dominasi Pasar Smartphone Asia Tenggara

Canalys: Cina Dominasi Pasar Smartphone Asia Tenggara

 

Canalys Cina Dominasi Pasar Smartphone Asia Tenggara

Canalys Cina Dominasi Pasar Smartphone Asia Tenggara

Mungkin dari kalian penggemar gadget sudah bisa menebak, negara mana yang menguasai pasar smartphone untuk

wilayah Asia Tenggara. Jika kalian menebak Cina, jawaban tersebut sangat tepat. Ya! Negeri Tirai Bambu ini telah mendominasi pasar Asia Tenggara pada kuartal kedua 2019.

Seperti yang diungkap oleh lembaga riset ternama, Canalys melaporkan bahwa pabrikan smartphone asal Cina mampu menjaring sebanyak 19 juta unit dari total 30,7 juta unit pengiriman smartphone. Meski begitu, Samsung tetap dapat mempertahankan posisi terdepannya, dengan 7,7 juta unit.

Raksasa elektronik asal Korea Selatan dibuntuti oleh OPPO dengan angka 7,3 juta unit. Pabrikan smartphone asal

Cina lainnya yang berada di bawah OPPO adalah vivo dan Xiaomi. Ya! vivo meraih angka sebesar 4,1 juta unit dan Xiaomi yang berada di posisi keempat berada diangka 3,7 juta unit.

Canalys juga mencatat, pasar Asia Tenggara didominasi oleh smartphone kelas menengah ke bawah. Ya! Sebesar 75 persen terdiri dari perangkat dengan harga lebih dari US$ 200. Hal ini yang membuat pabrikan smartphone seperti Apple tidak muncul di Top 3.

Melihat pasar yang terus bergerak dinamis, Samsung masih menjadi pemimpin di sejumlah negara di Asia Tenggara. Namun yang patut diperhatikan, pangsa pasar Samsung cukup terganggu di Indonesia dan Filipina. Samsung di kedua negara ini berada di posisi kedua di bawah OPPO.

Seperti yang kita tahu, Samsung juga terus mendorong penjualan untuk seri A dan M yang baru mereka

perkenalkan. Hal ini pun turut membantu mencapai peningkatan pengiriman sebesar 5%. Samsung sendiri belum lama ini telah memilih Thailand untuk menjadi tuan rumah peluncuran global lini Galaxy A-nya yang baru dikembangkan.

Baca Juga: