Enam Siswa Jabar Ikuti Lomba Debat Nasional Tahun 2019

Enam Siswa Jabar Ikuti Lomba Debat Nasional Tahun 2019

Enam Siswa Jabar Ikuti Lomba Debat Nasional Tahun 2019

Sebanyak 6 siswa Jawa Barat (Jabar) tengah mengikuti Lomba

Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) Tingkat Nasional Tahun 2019 yang dilangsungkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 11 hingga 19 Agustus 2019. Ke-6 siswa tersebut merupakan siswa terbaik di bidangnya karena telah melewati proses seleksi di tingkat provinsi.

Tiga siswa yang bertanding pada kategori LDBI, yakni Greysa Febbih Cristina (SMAN 1 Parung), Khansa Luthfilah (SMAN 1 Cianjur), dan Nanda Restu Utama (SMAN 5 Bandung), dibimbing oleh guru SMAN 5 Bandung, Jajang Priatna.

Sedangkan di kategori NSDC, yaitu Marvin Tandy

(SMAK 1 BPK Penabur Kota Bandung), Ivan Dwi Gunawan (SMA Regina Pacis Kota Bogor), dan Sherlyn (SMAK 1 BPK Penabur Kota Bandung), dibimbing guru SMAN 8 Bandung, Toteng Suhara.

Koordinator kontingen Jabar, Rahmat Hidayat menuturkan, seluruh peserta sudah siap menghadapi lomba debat tingkat nasional karena telah melalui proses seleksi dan pembinaan khusus. “Secara keseluruhan anak-anak sudah siap. Mereka adalah siswa luar biasa karena telah melewati proses seleksi dan pembinaan pada Juni dan Juli 2019,” katanya saat dihubungi, Kamis (15/8/2019).

Ia menjelaskan, ada beberapa aspek penilaian pada lomba tersebut.

Antara lain, bisa menyampaikan isi materi/argumen dengan lugas dan memiliki kekuatan untuk mempertahankan argumen. “Ketiga, mereka harus bisa menyampaikan kesimpulan dari hasil debat tersebut,” ujarnya.

Guru SMAN 1 Cikalong Wetan itu menegaskan, kontingen Jabar berupaya meraih hasil yang ditargetkan. “Untuk NSDC, kita upayakan harus jadi tiga besar. Sedangkan pada kategori LDBI yang dulu berada di papan bawah, diusahakan bisa naik ke papan tengah,” harapnya.***

 

Baca Juga :