Manfaat Dari Cengkeh

Table of Contents

Manfaat Dari Cengkeh

 

Manfaat Dari Cengkeh

Kuncup bunga cengkeh selain digunakan untuk obat juga banyak digunakan untuk bumbu masak dan ramuan rokok kretek.  Selain itu cengkeh bisa menghangatkan, menghilangkan kejang perut, mengharumkan anti bakteri, membantu mengeluarkan angin.

Khasiat dari cengkeh yaitu bisa menghilangkan rasa nyeri haid, mual, bau mulut, batuk, menghitamkan alis, sakit gigi, demam akibat malaria.

Cara penggunaan dari cengkeh yaitu :

  1. Untuk Menghilangkan sakit gigi

Beberapa daun cengkeh dicuci lalu diseduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan. Peras dengan kain, basahi kapas dengan cairan dari daun cengkeh, tempelkan atau masukan kedalam gigi yang sakit.

2.Untuk menghilangkan rasa nyeri haid.

2 bunga daun cengkeh, 7 ketumbar, kunyit berukuran 2 cm lalu dikupas. Setelah dikupas lalu dicuci sampai bersih, 1 sendok teh parutan biji pala. Semua direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah itu kita saring, dan airnya kita minum hangat – hangat.

3.   Menghitamkan Alis

5 cengkeh kering disangrai lalu dihaluskan. 5 kemiri dibakar sampai keluar minyaknya, lalu minyaknya diambil dan dicampurkan dengan minyak kemiri dengan cengkeh halus. Oleskan setiap malam pada alis.

4.   Menghilangkan Batuk

10 buah cengkeh, 10 helai daun sirih, daging buah pala lalu dicuci hingga bersih. Pala dimemarkan. Rebus dengan 3 gelas air sampai air tinggal setengahnya. Biarkan hingga dingin. Setiap kali akan minum bisa ditambahkan perasan jeruk nipis.

5. Menghilangkan Bau Mulut.

5 buah cengkeh dicuci hingga bersih, lalu diseduh dengan setengah gelas air . Biarkan sampai dingin. Airnya bisa dipakai untuk kumur – kumur.

Baca Juga :