Mudahnya Berburu Pekerjaan via Aplikasi

Mudahnya Berburu Pekerjaan via Aplikasi

Mudahnya Berburu Pekerjaan via Aplikasi

JIKA dulu orang mencari kerja dengan membolak-balik koran membaca iklan lowongan pekerjaan atau berbondong-bondong mendatangi pameran pekerjaan, kini hal itu mulai ditinggalkan. Saat ini pencari kerja hanya perlu menulis curriculum vitae (CV) beserta berbagai dokumen pendukung ke berbagai situs maupun aplikasi pencari kerja. Lebih praktis, mudah, dan ramah lingkungan karena meminimalkan penggunaan kertas. Berikut sejumlah aplikasi pekerjaan yang banyak digunakan masyarakat yang sudah dirangkum Media Indonesia.

Pertama media jejaring profesional Linkedin. Situs dan aplikasi ini

biasanya digunakan penggunanya untuk saling memantau karier maupun track record pekerjaan seseorang. Selain itu, Linkedin memiliki fitur lowongan pekerjaan yang memungkinkan para pencari kerja (job seeker) dan perusahaan pencari karyawan (head hunter) sama-sama yang mereka cari sesuai dengan kriteria masing-masing. Linkedin mengharuskan penggunanya mengisi biodatanya selengkap mungkin, baik itu soal pendidikan, pengalaman kerja, maupun prestasi sehingga saat seseorang mengeklik profil kita mereka akan disuguhkan tampilan layaknya CV profesional.

Aplikasi Linkedin Job Search App menyuguhkan beragam informasi

lowongan kerja sesuai dengan bidang dan wilayah kerja yang kita inginkan. Selain penyuguhan informasi yang mendetail, pengguna dapat menyimpan lowongan kerja tersebut jika ingin melamarnya di kemudian hari. Ada pula fitur yang menunjukkan lowongan mana saja yang sudah dilamar dan bagaimana status lamarannya. Yang unik dalam aplikasi tersebut ada fitur easy apply, tetapi fitur tersebut hanya disediakan sejumlah perusahaan. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya lebih mudah melamar pekerjaan yang ada di aplikasi Linkedin. Easy apply sudah terkoneksi dengan profil pengguna Linkedin sehingga pelamar kerja tidak perlu lagi mengetik ulang CV untuk melamar pekerjaan.

Meski sudah lama, aplikasi ini masih populer, yakni Jobstreet.

Berbeda dengan Linkedin yang awalnya sarana media sosial kaum profesional, Jobstreet justru lebih fokus pada layanan pencari pekerjaan baik versi situsnya maupun aplikasinya. Pengguna tidak hanya dapat mengetahui lowongan pekerjaan di Indonesia saja, juga banyak negara lainnya seperti Malaysia, Thailand, Filipina, India, dan Jepang.

 

sumber :

https://apkmod.co.id/